Saturday, November 25, 2017

Sistem Informasi Pemasaran

Posted by Unknown Saturday, November 25, 2017, under | No comments




A. Subsistem Input Sistem Informasi Pemasaran
        Dalam model Sistem Informasi Pemasaran, Subsistem Input menyediakan data bagi database.
        Subsistem Input terdiri dari :
1.      SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
2.      Penelitian Pemasaran
3.      Intelijen Pemasaran

SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
         SIA (Sistem Informasi Akuntansi) mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.

         Data tersebut dugunakan untuk menyiapkan informasi dalam bentuk laporan periodik (laporan penjualan produk yang laku dan tidak laku) dan laporan khusus (laporan penjualan produk berdasarkan daerah penjualan).

Tugas-tugas dasar intelijen

Intelijen persaingan melibatkan 5 tugas dasar intelijen,yaitu :
1. Mengumpulkan Data,perusahaan mungkin mendapatkan data primer atau data sekunder.Banyak data sekunder yang tersedia,seperti data yang menjelaskan penjualan pasar swalayan dan toko obat,dan dikumpulkan oleh organisasi.
2. Mengevaluasi Data,baik data primer maupun sekunder,data tersebut harus diperiksa untuk memastikan akurasinya.
3. Menganalisa Data
4. Menyimpan Intelijen
5. Menyebarkan Intelijen

B. Subsistem Database Sistem Informasi Pemasaran
• Database adalah suatu kumpulan data komputer yang terintegrasi, diatur dan disimpan menurut cara tertentu sehingga mudah dalam hal pengambilan kembali.

• Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tetapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.

•  Data yang masuk ke dalam database berasal dari subsistem input, yaitu :
Sumber Internal, terdiri dari SIA, Penelitian Pemasaran.
Sumber Eksternal, terdiri dari Intelijen Pemasaran.

• Data yang digunakan oleh subsistem output berasal dari database.


 C. Subsistem Output Sistem Informasi Pemasaran
Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem tersebut sebagai bagian dari bauran.

•  Subsistem Produk (Product)
•  Subsistem Tempat (Place)
•  Subsistem Promosi (Promotion)
•  Subsistem Harga (Price)
•  Subsistem Bauran Terintegrasi

Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur dalam bauran pemasaran dan kemudian mengintegrasikannya menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh.


 1. Subsistem Produk (Product)
•  Perusahaan memutuskan untuk menyediakan suatu produk guna memenuhi kebutuhan pasar tertentu.
•  Subsistem Produk (Product) menyediakan informasi mengenai produk perusahaan
•  Suatu kerangka kerja yang disebut Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) mampu menelusuri penjualan suatu produk mulai dari perkenalan, perkembangan, dewasa, dan penurunan.
• Siklus Hidup Produk mampu mengarahkan manajer pemasaran dalam membuat keputusan-keputusan berorientasi produk.
Siklus Hidup Produk dan Keputusan-Keputusan Strategi




Keterangan Gambar Siklus Hidup Produk :

•         Dalam tahap perkenalan produk, manajer pemasaran diharuskan membuat keputusan apakah akan mengembangkan dan memasarkan produk yang sudah dibuat ?
•         Tahap perkembangan dan dewasa mencakup waktu saat berbagai strategi perlu dipertimbangkan untuk membuat penjualan tetap berjalan.
•         Tahap penurunan merupakan saat dimana produk sudah tidak diinginkan lagi oleh konsumen, sehingga perlu diambil keputusan alternatif apakah produk tersebut ingin dihapus ?

4. Subsistem Harga (Price)
• Subsistem Harga (Price) menyediakan informasi yang dapat membantu manajer dalam membuat keputusan harga.

• Penentuan harga dibuat berdasarkan :
 Biaya
 Permintaan

STUDI KASUS SISTEM INFORMASI PEMASARAN

DESKRIPSI BENGKEL MOTOR PLAZA
Bengkel motor plaza merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dapat dikatakan sukses apabila dapat mempertahankan konsumennya serta dapat menarik konsumen pesaing. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan jasa yang diinginkan konsumen dengan cara menciptakan produk yang sesuai keinginan konsumen, harga yang sesuai, pelayanan yang berkualitas serta aspek fisik jasa itu sendiri, sehingga jasa yang dihasilkan sesuai dengan keinginan serta harapan konsumen. jika produk jasa yang ditawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan serta harapan, maka konsumen akan merasa puas.

DEFINISI PERMASALAHAN
Bertitik tolak dari kondisi pemasaran yang ada, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif dalam menghadapi dunia pemasaran yang semakin ketat, sehinggga mendapatkan laba secara maksimal dan dapat meningkatkan persaingan pasar pada masa yang akan datang.

Dari uraian diatas maka pendefinisian masalah adalah sebagai berikut :

1. Bagaimana letak posisi strategis pemasaran bengkel motor plaza?
2. Bagaimana realisasi strategi pemasaran bengkel motor plaza dalam melakukan pemasaran?
3. Bagaimana strategi pemasaran yang seharusnya?


TUJUAN PENGEMBANGAN SISTEM

Tujuan didirikannya suatu perusahaan pada intinya adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin dengan menggunakan berbagai sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien. Tujuan ini dipandang paling realistis karena meliputi pertimbangan berbagai aspek yang mempengaruhi kelayakan suatu keputusan finansial dan menyangkut tentang bagaimana mendapatkan dana serta mengalokasikannya seefisien mungkin. Pada umumnya perusahaan yang berorientasi bisnis mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin agar perusahaan tersebut mampu menjaga kelangsungan operasionalnya dan melakukan pengembangan usaha. Mengingat semakin berkembangnya dunia industri, maka para pengusaha dituntut untuk mengelola usahanya secara serius dan memanfaatkan peluang-peluangyang ada sehingga mampu bersaing dengan para pesaingnya dan dapat bekerja secara ekonomis.


DESAIN UMUM SISTEM
Pada bagian desain umum system ini akan dibahas mulai dari desain yang berupa Data Flow serta kamus data ayau Data Dictionary
DATA FLOW DIAGRAM KONTEKS




Suku cadang
konsumen
Rounded Rectangle: System pemasaranLaporan data barang

Daftar barang

persetujuan

Gambar 1 DFD Konteks

DFD PENJABARAN UNTUK SISTEM PEMASARAN
Dari Data Flow Diagram konteks, dapat dijabarkan secara lebih detailmenjadi DFD seperti berikut ini :
Laporan barang
Rounded Rectangle: Mencatat  hasil penjualanData barang penjualan




Catatan barang
Rounded Rectangle: Memproses pembayaranRounded Rectangle: Membuat daftar barangCatatan barang



Data konsumen
Bayar barang bukti pembayaran


Gambar 2 DFD penjabaran

KAMUS DATA (DATA DICTIONARY)
Berikut adalah kamus data dari berbagai bagian data yang telah dikumpulkan :
1.Nama data : konsumen
Keterangan : data tentang identitas konsumen
Sumber : bengkel motor plaza
Struktur data :
Nama Field
type
Lebar
Nomor urut
Nama konsumen
Alamat

Character
Character
Character
4
20
20



2. Nama Data : Barang
Keterangan : Data tentang barang
Sumber : Bengkel motor plaza
Struktur Data :
Nama Field
type
lebar
Nomor barang
Nama barang
keterangan
Character
Character
memo
8
20
1



DESAIN SPESIFIK SISTEM
Desain spesifik meliputi desain menu utama, desain input atau pemasukan data serta desain output


Desain menu utama
Menu utama dari program system informasi pemasaran, dapat dilihat hirarkinya seperti yang terdapat gambar berikut





Laporan - laporan
Data Konsumen
barang






Gambar 3 Hirarki Menu Utama




IMPLEMENTASI SISTEM
Implementasi system informasi pemasaran ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic. Sesuai dengan bahasa pemprograman yang dipakai, maka system ini membutuhkan spesifikasi perangkat sebagai berikut
Software :
1. system operasi windows 2003
2. Microsoft visual basic
3. Driver-driver penyerta
Hardware :
1. PC dengan processor Pentium III keatas atau yang setara
2. RAM minimal 64 MB (dianjurkan 128 MB)
3. Harddisk dianjurkan 20 GB
4. CD ROM
5. Floppy Drive 3 ½ inchi
Implementasi coding dan pembuataan prosedur dapat dilihat pada disket program yang disertakan pada buku ini.
 

Post a Comment

BerKomentar Lah Dengan Baik Dengan Berkata Bermanusiawi Jangan Berkata Kasar Di Posting Ini Atau Akun Anda Akan Kami Hacking Jadi Berhati Hatilah Sebelom Berkomentar -":Salam HaCker ":-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
cursor: url("https://picasaweb.google.com/110667291707517219649/IMAGETUTORIAL2#5729338440284600194"), default;