Abstrak
Seiring jumlah pesaing yang semakin bertambah, keterbatasan tempat showroom, alternatif pilihan yang terbatas, pemasaran yang masih mengandalkan lokasi strategis dan mitra kerja terbatas dengan tambahan biaya ekstra, promosi cenderung kurang efektif dan jangkauannya masih terbatas pada lokasi tertentu. Tujuan penelitian menghasilkan sistem penjualan mobil bekas berbasis web agar tidak lagi bergantung kepada lokasi dan mudah memperluas pangsa pasar. Perancangan sistem menggunakan pendekatan ICDM (Internet Commerce Development Methodology). Pendekatan ICDM menggabungkan struktur manajemen, prosedur keterlibatan pelanggan dan memberikan pedoman pada pengembangan budaya organisasi yang kondusif. Hasil pengujian dengan metode black box memperlihatkan sistem sudah memenuhi keperluan fungsional untuk semua fitur-fitur perangkat lunak. Memiliki proses validasi pemasukan dan pemrosesan data dalam menghasilkan informasi. Sistem penjualan berbasis web memberikan peluang baru, dapat menampung jumlah mobil yang lebih banyak, transaksi secara digital, kemudahan masyarakat menjual mobil cukup hanya mengupload foto dan spesifikasi mobil pada halaman web perusahaan tanpa harus meletakkan mobil mereka dalam showroom mobil tersebut.
PENDAHULUAN
Pertumbuhan bisnis jual-beli mobil bekas semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat dan kenaikan perhitungan pajak untuk harga mobil baru yang sangat signifikan. Di sisi lain kehadiran mobil murah yang semakin gencar juga tidak banyak mempengaruhi bisnis penjualan mobil bekas karena masyarakat memiliki persepsi dan cenderung mempercayai jenis dan merk mobil yang ketahanannya sudah teruji. Kondisi yang demikian juga menjadi persoalan bagi CV. Willy Auto. Seiring dengan jumlah pesaing yang semakin bertambah banyak, keterbatasan tempat showroom, alternatif pilihan yang terbatas pada sebuah showroom, kegiatan pemasaran masih mengandalkan lokasi yang strategis dan mitra kerja yang terbatas dengan tambahan biaya ekstra, promosi cenderung kurang efektif dan jangkauannya terbatas hanya pada lokasi tertentu, dan biaya operasional juga cenderung meningkat. Kenyataan ini membutuhkan perubahan ke arah proses digitisasi penjualan berbasis web. Dalam hal ini tidak lagi bergantung kepada lokasi fisik tertentu. Pihak manajemen memiliki kemudahan dalam mengembangkan pangsa pasar [1]. Fungsi utama website ini adalah untuk memperluas dan meningkatkan penjualan mobil bekas tanpa batasan waktu dan tempat.
Masyarakat relatif lebih mudah dan menghemat waktu untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai spesifikasi jenis dan merk mobil bekas secara mendetil dengan hanya melalukan penelusuran website [2]. Kegiatan ekspansi usaha menjadi lebih fleksibel, menjangkau pasar sasaran lebih luas, media promosi lebih murah dan interaktif, optimalisasi dan transparansi biaya operasional, digitalisasi produk/jasa, memperlancar sistem pendistribusian, dan peluang membangun hubungan yang personal dengan konsumen [3]. Digitisasi penjualan berbasis web merupakan hasil penerapan teknologi informasi antara produsen dan konsumen melalui internet [4]. Sistem penjualan yang memberikan kemudahan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan biaya yang relatif lebih efektif [5,6]. Mempermudah membangun kemitraan bisnis dengan pola diferensiasi yang sesuai kebutuhan dengan spesifikasi produk/jasa tertentu [7,8].
Penelitian sebelumnya yang relevan adalah mengembangkan sistem showroom virtual penjualan mobil bekas dengan fasilitas pembayaran melalui website. Sistem dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna terhadap sistem dan prosedur penjualan pada showroom tersebut saat ini. [2]. Sistem dapat memperluas jangkauan promosi dan penjualan mobil, dimana dapat menjual lima unit mobil perbulan dan jumlah pelanggan juga bertambah [9]. Merujuk kepada penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, dalam penelitian ini menitikberatkan penerapan ICDM (Internet Commerce Development Methodology) dalam menganalisa dan merancang penjualan berbasis web. ICDM berbeda dalam menyediakan kerangka kerja untuk mengembangkan strategi e-bisnis, menggabungkan struktur manajemen, prosedur keterlibatan pelanggan dan memberikan pedoman pada pengembangan budaya organisasi yang kondusif [10]. Tujuan penelitian menghasilkan sistem penjualan mobil bekas berbasis web sehingga memudahkan konsumen dan tidak lagi bergantung kepada lokasi dan mudah memperluas pangsa pasar.
METODE PENELITIAN
Perancangan sistem penjualan mobil bekas berbasis web dalam hal ini menggunakan ICDM (Internet Commerce Development Methodology) yang memiliki beberapa tahapan. Tahapan pertama untuk memulai ICDM adalah melakukan proses pemetaan strategi dengan merujuk kepada strategi bisnis perusahaan untuk kemudian mengidentifikasi tujuan bisnis organisasi. Tahapan ini memiliki proses untuk memeriksa dan mengidentifikasi berbagai peluang dan ancaman, mengidentifikasi sejauh mana teknologi internet sudah dapat menyediakan informasi penting untuk mendapatkan berbagai peluang dan menghindari implikasi dari berbagai ancaman lingkungan bisnis.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Perancangan sistem penjualan mobil bekas berbasis web menggunakan metode ICDM diawali dengan tahapan analisis SWOT. Penggunaan analisis SWOT untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam sistem berjalan sebelumnya. Analisa SWOT dijabarkan ke dalam empat (4) tingkatan yaitu, menjabarkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (environmental opportunities) dan ancaman yang mungkin terjadi (threats). Analisis SWOT memiliki empat komponen utama yang saling berkaitan.
Peluang untuk penjualan mobil bekas masih sangat besar, seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil dalam kehidupan keluarga mereka. Harga mobil baru yang relatif tinggi dengan mekanisme perhitungan pajak yang cukup tinggi, membuat masyarakat membuat pilihan pada mobil bekas yang kondisinya masih baik dan layak. Penggunaan media jejaring sosial yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat merupakan peluang bagus mengembangkan sistem penjualan berbasis web untuk menjangkau kebutuhan konsumen tanpa batasan geografis. Melalui website ini memberikan peluang baru, dimana dapat menampung jumlah mobil yang lebih banyak secara digital tanpa terkendala dengan luas bangunan showroom mobil.
Proses Pencarian Dan Kesepakatan Sistem Penjualan Berbasis Web
Sumber :
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/citec/article/view/1114/1077
Seiring jumlah pesaing yang semakin bertambah, keterbatasan tempat showroom, alternatif pilihan yang terbatas, pemasaran yang masih mengandalkan lokasi strategis dan mitra kerja terbatas dengan tambahan biaya ekstra, promosi cenderung kurang efektif dan jangkauannya masih terbatas pada lokasi tertentu. Tujuan penelitian menghasilkan sistem penjualan mobil bekas berbasis web agar tidak lagi bergantung kepada lokasi dan mudah memperluas pangsa pasar. Perancangan sistem menggunakan pendekatan ICDM (Internet Commerce Development Methodology). Pendekatan ICDM menggabungkan struktur manajemen, prosedur keterlibatan pelanggan dan memberikan pedoman pada pengembangan budaya organisasi yang kondusif. Hasil pengujian dengan metode black box memperlihatkan sistem sudah memenuhi keperluan fungsional untuk semua fitur-fitur perangkat lunak. Memiliki proses validasi pemasukan dan pemrosesan data dalam menghasilkan informasi. Sistem penjualan berbasis web memberikan peluang baru, dapat menampung jumlah mobil yang lebih banyak, transaksi secara digital, kemudahan masyarakat menjual mobil cukup hanya mengupload foto dan spesifikasi mobil pada halaman web perusahaan tanpa harus meletakkan mobil mereka dalam showroom mobil tersebut.
PENDAHULUAN
Pertumbuhan bisnis jual-beli mobil bekas semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat dan kenaikan perhitungan pajak untuk harga mobil baru yang sangat signifikan. Di sisi lain kehadiran mobil murah yang semakin gencar juga tidak banyak mempengaruhi bisnis penjualan mobil bekas karena masyarakat memiliki persepsi dan cenderung mempercayai jenis dan merk mobil yang ketahanannya sudah teruji. Kondisi yang demikian juga menjadi persoalan bagi CV. Willy Auto. Seiring dengan jumlah pesaing yang semakin bertambah banyak, keterbatasan tempat showroom, alternatif pilihan yang terbatas pada sebuah showroom, kegiatan pemasaran masih mengandalkan lokasi yang strategis dan mitra kerja yang terbatas dengan tambahan biaya ekstra, promosi cenderung kurang efektif dan jangkauannya terbatas hanya pada lokasi tertentu, dan biaya operasional juga cenderung meningkat. Kenyataan ini membutuhkan perubahan ke arah proses digitisasi penjualan berbasis web. Dalam hal ini tidak lagi bergantung kepada lokasi fisik tertentu. Pihak manajemen memiliki kemudahan dalam mengembangkan pangsa pasar [1]. Fungsi utama website ini adalah untuk memperluas dan meningkatkan penjualan mobil bekas tanpa batasan waktu dan tempat.
Masyarakat relatif lebih mudah dan menghemat waktu untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai spesifikasi jenis dan merk mobil bekas secara mendetil dengan hanya melalukan penelusuran website [2]. Kegiatan ekspansi usaha menjadi lebih fleksibel, menjangkau pasar sasaran lebih luas, media promosi lebih murah dan interaktif, optimalisasi dan transparansi biaya operasional, digitalisasi produk/jasa, memperlancar sistem pendistribusian, dan peluang membangun hubungan yang personal dengan konsumen [3]. Digitisasi penjualan berbasis web merupakan hasil penerapan teknologi informasi antara produsen dan konsumen melalui internet [4]. Sistem penjualan yang memberikan kemudahan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan biaya yang relatif lebih efektif [5,6]. Mempermudah membangun kemitraan bisnis dengan pola diferensiasi yang sesuai kebutuhan dengan spesifikasi produk/jasa tertentu [7,8].
Penelitian sebelumnya yang relevan adalah mengembangkan sistem showroom virtual penjualan mobil bekas dengan fasilitas pembayaran melalui website. Sistem dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna terhadap sistem dan prosedur penjualan pada showroom tersebut saat ini. [2]. Sistem dapat memperluas jangkauan promosi dan penjualan mobil, dimana dapat menjual lima unit mobil perbulan dan jumlah pelanggan juga bertambah [9]. Merujuk kepada penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, dalam penelitian ini menitikberatkan penerapan ICDM (Internet Commerce Development Methodology) dalam menganalisa dan merancang penjualan berbasis web. ICDM berbeda dalam menyediakan kerangka kerja untuk mengembangkan strategi e-bisnis, menggabungkan struktur manajemen, prosedur keterlibatan pelanggan dan memberikan pedoman pada pengembangan budaya organisasi yang kondusif [10]. Tujuan penelitian menghasilkan sistem penjualan mobil bekas berbasis web sehingga memudahkan konsumen dan tidak lagi bergantung kepada lokasi dan mudah memperluas pangsa pasar.
METODE PENELITIAN
Perancangan sistem penjualan mobil bekas berbasis web dalam hal ini menggunakan ICDM (Internet Commerce Development Methodology) yang memiliki beberapa tahapan. Tahapan pertama untuk memulai ICDM adalah melakukan proses pemetaan strategi dengan merujuk kepada strategi bisnis perusahaan untuk kemudian mengidentifikasi tujuan bisnis organisasi. Tahapan ini memiliki proses untuk memeriksa dan mengidentifikasi berbagai peluang dan ancaman, mengidentifikasi sejauh mana teknologi internet sudah dapat menyediakan informasi penting untuk mendapatkan berbagai peluang dan menghindari implikasi dari berbagai ancaman lingkungan bisnis.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Perancangan sistem penjualan mobil bekas berbasis web menggunakan metode ICDM diawali dengan tahapan analisis SWOT. Penggunaan analisis SWOT untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam sistem berjalan sebelumnya. Analisa SWOT dijabarkan ke dalam empat (4) tingkatan yaitu, menjabarkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (environmental opportunities) dan ancaman yang mungkin terjadi (threats). Analisis SWOT memiliki empat komponen utama yang saling berkaitan.
Peluang untuk penjualan mobil bekas masih sangat besar, seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil dalam kehidupan keluarga mereka. Harga mobil baru yang relatif tinggi dengan mekanisme perhitungan pajak yang cukup tinggi, membuat masyarakat membuat pilihan pada mobil bekas yang kondisinya masih baik dan layak. Penggunaan media jejaring sosial yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat merupakan peluang bagus mengembangkan sistem penjualan berbasis web untuk menjangkau kebutuhan konsumen tanpa batasan geografis. Melalui website ini memberikan peluang baru, dimana dapat menampung jumlah mobil yang lebih banyak secara digital tanpa terkendala dengan luas bangunan showroom mobil.
Proses Pencarian Dan Kesepakatan Sistem Penjualan Berbasis Web
Dalam melakukan perancangan sistem penjualan berbasis web, aplikasinya menggunakan
struktur file MVC (Model View Controller) dengan framework CodeIgniter. Model ini
memperlihatkan setiap unit kerja atau yang mengatur semua komponen dalam framework Code
Igniter adalah komponen core yang berada dalam package system. Komponen core mengelola
model dan controller yang saling memiliki ketergantungan dimana controller mengirim
permintaan data dan model yang menerima akan melakukan pengambilan data yang diinginkan
controller dari dalam simpanan basis data (Gambar 8). Diagram hubungan entitas adalah suatu
dokumentasi data dengan mengidentifikasi entiti data dan memperhatikan hubungan yang ada
diantara entiti tersebut. Dalam hal ini, menggunakan permodelan diagram hubungan entitas ini
untuk menggambarkan hubungan antar simpanan data di dalam usulan perancangan sistem
penjualan berbasis web. Sistem penjualan berbasis web adalah sebuah sistem yang dapat
dipergunakan untuk melakukan transaksi jual beli mobil bekas. Tidak semua tabel database yang
ada pada web ini memiliki keterkaitan dengan tabel yang lainnya. Maka dari itu dalam pembuatan
diagram hubungan entitas hanya menampilkan tabel yang memiliki keterkaitan dengan tabel yang
lainnya
Evaluasi hasil perancangan sistem ini melalui proses simulasi penggunaannya dengan
sejumlah karyawan perusahaan. Melakukan proses untuk semua fitur yang sudah disediakan dan
untuk melihat sejauh mana keakuratannya saat mengimplementasikan sistem ini. Berdasarkan
analisa semua proses fungsional dari sistem, memperlihatkan informasi penjualan melalui website
menjadi lebih interaktif, pelayanan yang lebih spesifik/khusus untuk setiap pelanggan, memiliki
kemudahan konsultasi mengenai sistem perawatan mobil, dapat menampung jumlah mobil lebih
banyak tanpa terkendala luas bangunan showroom mobil. Memberikan kemudahan masyarakat
yang ingin menjual mobil mereka cukup hanya mengupload foto dan spesifikasi mobil pada
halaman web. Tidak perlu menitipkan kendaraan kepada pihak perusahaan dan masih dapat
digunakan selama belum ada transaksi penjualan. Kemudahan dalam menyalin komunikasi dan
informasi transaksi dalam bisnis digital.
KESIMPULAN
Sistem penjualan berbasis web memberikan peluang baru, dimana dapat menampung
jumlah mobil yang lebih banyak, transaksi penjualan secara digital, kemudahan masyarakat yang
ingin menjual mobil cukup hanya mengupload foto dan spesifikasi mobil pada halaman web
perusahaan tanpa harus meletakkan mobil mereka dalam showroom mobil tersebut. Melalui
media ini dapat menghemat cukup banyak biaya operasional, harga jual mobil juga dapat menjadi
lebih murah karena tidak ada lagi biaya penampungan dan fee untuk perantara, memberikan
keleluasaan pemilik mobil, area penjualan menjadi semakin fleksibel dan tidak terkendala pada
lokasi dan tempat antara penjualan dan pembeli.
SARAN
Untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan proses kearah manajemen hubungan
pelanggan, melakukan proses aliansi dengan semua agen/distributor berbagai jenis dan merek
mobil dalam membangun hubungan dengan pelanggan secara lebih bersahabat dan mewujudkan
kaidah kekeluargaan, mengembangkan aplikasi ini menggunakan fasilitas bergerak melalui
perangkat telepon seluler sehingga memudahkan komunikasi dan transaksi.
Sumber :
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/citec/article/view/1114/1077
Post a Comment
BerKomentar Lah Dengan Baik Dengan Berkata Bermanusiawi Jangan Berkata Kasar Di Posting Ini Atau Akun Anda Akan Kami Hacking Jadi Berhati Hatilah Sebelom Berkomentar -":Salam HaCker ":-