Saturday, March 24, 2012

Cara Mudah Belajar HTML Dg cepat

Posted by Unknown Saturday, March 24, 2012, under | No comments



Cara Mudah Belajar HTML – Jika anda sedang mencari Panduan Belajar HTML  atau Tutorial Lengkap Belajar Dasar-Dasar HTML, mungkin posting ini bisa berguna untuk anda dalam mempelajari atau memperdalam pengetahuan tentang bahasa penulisan HTML dan menjadi pelengkap posting saya sebelumnya Panduan Belajar SEO Untuk Pemula. HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang terdiri dari simbol-simbol atau tag-tag tertentu untuk membuat/menampilkan suatu dokumen/halaman pada web browser. Simbol atau tag HTML  tersebut akan memerintahkan web browser untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio visual. Sedangkan Web Browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll. HTML mempunyai file perluasan (ekstensi) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention "*.htm" atau "*.html".
Untuk mempelajari dasar-dasar HTML sebenarnya anda hanya memerlukan 3 alat utama yaitu referensi Panduan Belajar HTML, teks editor Notepad dan web browser (Firefox, IE, Opera, dll). Dan cara paling mudah belajar HTML adalah dengan PRAKTEK atau LANGSUNG MENCOBA. Jadi kalau sobat hanya terbengong-bengong dan pusing sendiri memandangi susunan tag HTML yang panjang tanpa pernah mencoba mempraktekkan dan melihat hasilnya, maka dijamin sobat tidak akan pernah paham. Trus gimana dong biar gampang belajar HTML ? Well saya akan share sedikit trik-trik atau cara yang saya lakukan dalam mempelajari HTML, mencoba menuliskan script HTML dan melihat hasilnya di web browser.
CARA CEPAT DAN MUDAH BELAJAR HTML
Menggunakan Teks Editor Notepad dan Browser :
1.   Mohon diingat penjelasan awal saya bahwa dokumen HTML memiliki perluasan atau ekstensi htm atau html.
2.   Misalnya saya menuliskan pada teks editor Notepad sebuah script HTML untuk widget twitter di  blog saya seperti tertulis dibawah ini.
3.     Berikutnya saya akan menyimpan script tadi dengan nama file kode-widget-twitter.html. Pada Notepad, pilih Save as. Dibagian File name hapus tulisan *.txt yang ada kemudian tulis/ketik nama file kode-widget-twitter.html , trus dibagian Save as type pilih All Files kemudian klik tombol Save.
4.    Selanjutnya coba buka file kode-widget-twitter.html tadi pada browser. Maka jika penulisan tag HTML sudah benar akan terlihat hasil seperti gambar dibawah ini.
Belajar Tutorial HTML melalui situs online W3Schools :
1.    Di situs www.w3schools.com/html/ ini anda dapat mempelajari banyak jenis-jenis tag HTML mulai dari HTML dasar, Element, Attributes, Headings, Paragraphs, Style dan lain-lain.
2.     Kemudian untuk mencoba script atau tulisan HTML yang sobat buat, sobat dapat melihat hasilnya secara langsung melalui halaman editor yang disediakan situs ini yaitu Tryit Editor v1.5.
3.    Ketik atau tulis tag HTML anda pada halaman sebelah kiri, kemudian tekan tombol Edit and Click Me maka pada halaman sebelah kanan akan muncul hasilnya. Gampang bukan ? Kalo hasilnya ngga muncul berarti ada penulisan yang salah, tinggal edit lagi dan coba lagi aja.
Kemudian sebagai bahan bacaan sobat blogger dalam mempelajari HTML ini, saya berikan beberapa ebook yang menurut saya bagus sekali untuk sobat yang baru mulai mengenal dan belajar HTML. Ada 3 ebook yang saya bagikan yaitu HTML Dasar (41hlmn), Panduan Belajar HTML (15hlmn) dan Mastering Kode HTML (84hlmn). Silahkan download melalui link dibawah ini.


Panduan Lengkap Belajar HTML


Mudah-mudahan penjelasan singkat mengenai Cara MudahBelajar HTML dan Ebook Panduan Lengkap Belajar HTML yang saya berikan bisa membantu sobat blogger yang ingin mempelajari atau memperdalam mengenai tag HTML.

Post a Comment

BerKomentar Lah Dengan Baik Dengan Berkata Bermanusiawi Jangan Berkata Kasar Di Posting Ini Atau Akun Anda Akan Kami Hacking Jadi Berhati Hatilah Sebelom Berkomentar -":Salam HaCker ":-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive

Blog Archive

 
cursor: url("https://picasaweb.google.com/110667291707517219649/IMAGETUTORIAL2#5729338440284600194"), default;