Tuesday, February 21, 2012

TIPS agar data selamat dan aman dari kerusakan

Posted by Unknown Tuesday, February 21, 2012, under | No comments

Sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan, yaitu data yang telah kita buat hilang amblas, rusak. Sebelum hal itu terjadi, sebelum kepala pusing seribu keliling ( Loh ..??? sebab kalau tujuh masih belum pusing ) maka selayaknyalah kita harus bersiap untuk menangkal dan menghindarinya. Jarene : "Sedia payung sebelum hujan", "preventif lebih baik daripada kuratif". Setidaknya ini menjadi pelajaran berharga bagi yang pernah mengalaminya. Untuk itu tips - tips menyelamatkan data ini mungkin berguna bagi kita semua.
  1. Partisi Hardisk
  2. Buatlah hardisk menjadi beberapa partisi, dimana antara system dan data berada pada partisi yang berbeda. Hal ini dimaksudkan apabila pada suatu ketika windowsnya ngadat, rusak, macet, dan harus di install ulang, maka data tetap akan selamat.
  3. Berhati-hati dalam mengoperasikan komputer.
  4. Dalam hal ini kadang kita ceroboh, atau salah pencet tombol yang semestinya tidak boleh di pencet. Ikuti aturan main dalam menjalankan operating system. Salah satu contoh adalah "matikan komputer dengan cara yang benar".
  5. Gunakan antivirus yang selalu update.
  6. Virus, malware, spyware, atau apalah namanya,.... bisa merusak data. Data menjadi hidden, tidak bisa dibuka, merubah registry, bahkan merusak file penting untuk system, sehingga windows menjadi crash. Weleh...weleh ... bahaya bukan ??!!
  7. Gunakan UPS ( Uninterruptible Power Supply ).
  8. Kelihatannya sepele tapi ternyata berpengaruh juga pada komputer. Yaitu manakala sedang asyik mengerjakan tugas, tiba-tiba " pet " listrik padam. Alamak !!!!... padahal belum sempat disimpan. Andai saja pakai UPS .. pasti dech ada waktu untuk menyimpan atau menyelesaikan sedikit yang tertinggal.

Akan tetapi apa bila terpaksa terjadi seperti data yang hilang, itupun masih bisa digunakan cara mengembalikan data yang hilang, ataupun bila system terganggu mungkin bisa dipakai cara System Restore

Itulah sedikit tips agar data tetap aman dan selamat, mungkin shobat-shobat punya tips-tips lain silahkan share disini.

Post a Comment

BerKomentar Lah Dengan Baik Dengan Berkata Bermanusiawi Jangan Berkata Kasar Di Posting Ini Atau Akun Anda Akan Kami Hacking Jadi Berhati Hatilah Sebelom Berkomentar -":Salam HaCker ":-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive

Blog Archive

 
cursor: url("https://picasaweb.google.com/110667291707517219649/IMAGETUTORIAL2#5729338440284600194"), default;